Saat selesai ter-install, Windows akan memandu Anda mengonfigurasi Windows 11 Anda.

Konfigurasi Windows 11 di Virtual Machine

Pertama, Anda akan diminta memilih region. Untuk kenyamanan, pilih saja Indonesia dan klik Yes.

Konfigurasi Windows 11 di Virtual Machine2

Untuk layout keyboard, pilih saja US dan klik Yes. Ketika diminta untuk menambahkan layout kedua, klik saja “Skip”.

Konfigurasi Windows 11 di Virtual Machine 3

Selanjutnya, Anda diminta untuk koneksi ke internet. Karena sebelumnya kami sudah mematikan internet, maka kami diminta untuk koneksi ke internet. Klik saja “I don’t have internet” agar Windows 11 tidak dapat menggunakan jaringan internet Anda jika Anda ingin seperti itu. Kemudian, Windows 11 masih meminta Anda untuk terkoneksi dengan internet. Klik saja “Continue with limited setup” untuk melanjutkan.

Konfigurasi Windows 11 di Virtual Machine 4

Selanjutnya, berikan nama siapa yang akan menggunakan VM ini. Jika sudah, klik Next.

Konfigurasi Windows 11 di Virtual Machine 5

Langkah selanjutnya, silakan berikan password. Berikan saja password yang mudah. Klik Next. Tahap selanjutnya, konfirmasi password yang Anda buat dan klik Next. Kemudian, Anda diminta untuk memberikan petunjuk mengenai password. Anda diminta memberikan 3 jawaban untuk 3 pertanyaan. Ikuti saja dan klik Next jika sudah.

Konfigurasi Windows 11 di Virtual Machine 6

Kemudian, Anda diminta untuk mengonfigurasi pengaturan privasi. Pilih opsi “No” pada semua opsi yang ada. Kemudian, klik “Accept”. Tunggu beberapa saat hingga konfigurasi selesai. Setelah masuk ke desktop, maka Windows 11 sudah bisa Anda gunakan.

Meng-install Guest Additions

Walaupun Windows 11 dalam VirtualBox sudah bisa Anda gunakan, namun Anda sangat disarankan meng-install satu komponen yang sangat penting. Namanya adalah “Guest Additions” yang merupakan kumpulan driver dan berbagai utility lainnya agar koneksi antara komputer utama dan VM semakin baik. Dengan memasang guest additions, Anda dapat mengubah ukuran jendela VM, dukungan drag & drop, dan lain-lain. Performa dari VM pun akan meningkat, berkat adanya driver yang sesuai.

Konfigurasi Windows 11 di Virtual Machine 7

 

Untuk meng-install Guest Additions, tidak diperlukan adanya internet karena sebenarnya sudah ada di VirtualBox. Anda meng-install-nya melalui virtual CD Drive. Caranya adalah klik Devices > Insert Guest Addition CD Image. Kemudian, buka File Explorer dengan cara tekan tombol Windows + E. Klik dobel pada virtual CD “VirtualBox Guest Additions”.

Konfigurasi Windows 11 di Virtual Machine 8

Ada 3 file .exe yang akan muncul. Pilih saja yang “VBoxWindowsAdditions” seperti gambar di atas. Kemudian, klik Next saja hingga instalasi selesai. Nantinya ada driver yang harus Anda install. Jika ada pemberitahuan instalasi driver, klik saja “Install”. Terakhir, Anda akan diminta untuk restart. Setelah selesai restart, maka ketika Anda resize ukuran VM-nya, sistem operasi di dalamnya pun akan menyesuaikan ukurannya. Begitu juga dukungan drag & drop, Anda bisa copy dan paste file dengan mudah antar sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *